Situs Gunung Padang Termegah, Terbesar dan Tertua di Masa Prasejarah Dunia

Written by admin   // September 26, 2012   // 0 Comments

struktur gunung padang dibanding borobudur - rm zulkipli

 

CIANJUR – Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang mendapati temuan menarik dari hasil ekskavasi di sebelah selatan teras 5. Tim menemukan berbagai batuan, seperti urukan. Tim menduga itu hasil urukan oleh manusia. Meski begitu, apa tujuannya, belum diketahui.

“Dugaan sementara tim, ini hanya untuk menyeimbangkan bangunan. Karena orientasi Gunung Padang ini menghadap Gunung Gede, jadi agak miring dari kontur tanahnya,” ungkap salah satu peneliti, Arkelog UI, DR. Ali Akbar.

Temuan ini kembali memperkuat dugaan Gunung Padang sebagai multi-component site, atau situs yang digunakan oleh lebih dari satu kebudayaan. Sebelumnya, dari hasil pengeboran yang dilakukan Tim Geologi, diperkirakan pernah ada dua lapisan kebudayaan di Gunung Padang.

Secara garis besar, Ali Akbar mengatakan penelitian ini berhasil menarik kesimpulan bahwa punden berundak Gunung Padang adalah sebuah bangunan yang megah dan luas. Jika sebelumnya area situs Gunung Padang diperkirakan hanya sebatas dari tangga bawah hingga lima teras di atasnya, penelitian ini memperlihatkan bahwa Gunung Padang merupakan sebuah bangunan besar yang dikelilingi terasering. Luasnya mencapai hampir 15 hektar dengan tinggi sekitar 100 meter. Ini sama dengan 10 kali luas Borobudur.

Teknologi pembuatan teraseringnya pun terbilang maju, karena dapat mencegah longsornya bangunan. Menariknya, terasering yang ada di Gunung Padang serupa dengan Machu Picchu. Ini tentu istimewa, sebab Machu Picchu dibangun bangsa Inca sekitar abad 15 Masehi, sedangkan Gunung Padang diperkirakan dibangun pada periode Megalitik di masa prasejarah. Artinya teknologi ini telah berada lebih dulu di Indonesia sekitar 20 Abad sebelum ditemukan di benua Amerika.

Arkeolog dari UI ini mengatakan Gunung Padang bahkan berpotensi menjadi bangunan prasejarah terbesar di dunia. Sebagai perbandingan, di sebagian besar situs megalitik di wilayah lain, terutama Eropa, umumnya hanya terdiri dari temuan-temuan yang terpisah. Temuan menhir atau sarkofagus biasanya tersebar di suatu kompleks besar, tapi tidak berada dalam satu bangunan.

Sedangkan di Gunung Padang, semua merupakan satu unit kompleks bangunan. Di dalamnya juga ditemukan berbagai menhir dan teras, yang diduga para ahli digunakan untuk tempat pemujaan.

“Prospek ini menjadikan Gunung Padang sebagai bangunan prasejarah terbesar di dunia, sangatlah besar. ” demikian DR.Ali Akbar.

Sebagai informasi, sejak Maret 2011 Tim peneliti Katastrofi Purba yang dibentuk kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, dalam survei untuk melihat aktifitas sesar aktif Cimandiri yang melintas dari Pelabuhan Ratu sampai Padalarang melewati Gunung Padang. Ketika tim melakukan survei bawah permukaan Gunung Padang diketahui tidak ada intrusi magma. Kemudian tim peneliti melakukan survei bawah permukaa Gunung Padang secara lebih lengkap dengan metodologi geofisika, yakni geolistrik, georadar, dan geomagnet di kawasan Situs tersebut. Hasilnya, semakin meyakinkan bahwa Gunung Padang sebuah bukit yang dibuat atau dibentuk oleh manusia (man-made).

Pada November 2011, tim yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman Natawidjaja, terdiri dari pakar kebumian ini semakin meyakini bahwa Gunung Padang dibuat oleh manusia masa lampau yang pernah hidup di wilayah itu. Danny sendiri dikenal sebagai pakar Geofiska dari LIPI yang kerap dijadikan rujukan oleh komunitas ilmuwan internasional dalam persoalan patahan gempa.

Hasil survei dan penelitian kemudian dipresentasikan pada berbagai pertemuan ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional, bahkan mendapat apresiasi dari Prof. Dr. Oppenheimer. Kemudian tim katastrofi purba menginisiasi pembentukan tim peneliti yang difokuskan untuk melakukan studi lanjutan di Gunung Padang, dimana para anggota peneliti diperluas dan melibatkan berbagai bidang disiplin ilmu dan berbagai keahlian. Sebut saja Dr. Ali Akbar seorang peneliti prasejarah dari Universitas Indonesia, yang memimpin penelitian bidang arkeologi, dengan dukungan dari berbagai Arkeolog Senior, diantaranya adalah Prof (emeritus) Noerhadi Magetsari, yang kerap dijuluki Bapak Arkeologi Indonesia.

Kemudian Pon Purajatnika, M.Sc., memimpin penelitian bidang arsitektur dan kewilayahan, Dr. Budianto Ontowirjo memimpin penelitian sipil struktur, dan Dr. Andang Bachtiar seorang pakar paleosedimentologi yang merupakan Ketua Dewan Pembina Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), memimpin penelitian pada lapisan-lapisan sedimen di Gunung Padang. Seluruh tim peneliti itu tergabung dalam Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang yang difasilitasi kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana. Menariknya seluruh pembiayaan penelitian dilakukan secara swadaya para anggota peneliti.

Menurut Andi Arief, inisiator tim, penelitian ini bukan saja menunjukan bahwa bangsa kita mampu tapi lebih dari itu, menunjukan bahwa falsafah Gotong Royong yang menurut Ir.Soekarno adalah saripati Pancasila, tetap hidup dalam dialektika yang semakin menarik. “Para peneliti di Tim Terpadu Riset Mandiri ini selama beberapa tahun terakhir, melakukan Gotong Royong. Ini yang paling menarik menurut saya.” ungkap mantan Ketua Umum SMID (Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi) ini.

Berbagai temuan tim terpadu penelitian mandiri Gunung Padang ini akhirnya dilakukan uji radiometrik karbon (carbon datingC14). Menariknya hasil uji karbon pada laboratorium Beta Miami, di Florida AS, menera bahwa karbon yang didapat dari pengeboran pada kedalaman 5 meter sampai dengan 12 meter berusia 14.500-25.000 tahun. Hasil laporan selengkapnya sebagai-berikut:

Bangunan di bawah permukaan situs Gunung Padang terbukti secara ilmiah lebih tua dari Piramida Giza. Hal ini merujuk pada hasil pengujian karbon dating Laboratorium Batan (indonesia) dengan metoda LSC C14 dari material paleosoil di kedalaman -4m pada lokasi bor coring 1, usia material paleosoil adalah 5500 +130 tahun BP yang lalu. Sedangkan pengujian material pasir di kedalaman -8 s.d. -10 m pada lokasi coring bor 2 adalah 11000 + 150 tahun.

Hasil mengejutkan dan konsisten dikeluarkan oleh laboratorium Beta Analytic Miami, Florida,minggu lalu tambahnya dimana umur dari lapisan dari kedalaman sekitar 5 meter sampai 12 meter bada bor 2 umurnya sekitar 14500 – 23000 SM/atau lebih tua. Sementara beberapa sample konsisten dengan apa yg di lakukan di Lab BATAN. Kita tahu laboratorium di Miami Florida ini bertaraf internasional yang kerap menjadi rujukan berbagai riset dunia terutama terkait carbon dating.

Kedua laboratorium ini menjawab keraguan banyak pihak atas uji sampel di laboratorium BATAN. Sebelumnya,tim riset terpadu mandiri telah melakukan uji terkait usia Gunung Padang di laboratorium BATAN, namun tidak banyak respon positif, bahkan meragukannya. Padahal hasil yang diperoleh oleh kedua laboratorium itu tidak banyak berbeda, Sudah saatnya kita percaya terhadap kemampuan dan kualitas para ilmuwan serta laboratorium nasional seperti BATAN, berikut hasil uji di kedua laboratorium tersebut:

1. Umur dari lapisan tanah di dekat permukaan (60 cm di bawah permukaan) ,sekitar 600 tahun SM (hasil carbon dating dari sampel yg diperoleh Arkeolog, Dr. Ali Akbar,anggota tim riset terpadu di Laboratorium Badan Atom Nasional (BATAN);

2. Umur dari lapisan pasir-kerikil pada kedalaman sekitar 3-4 meter di Bor-1 yang melandasi Situs Gunung Padang di atasnya (sehingga bisa dianggap umur ketika Situs Gunung Padang di lapisan atas dibuat) sekitar 4700 tahun SM atau lebih tua (diambil dari hasil analisis BATAN;

3. Umur lapisan tanah urug di kedalaman 4 meter diduga man made stuctures (struktur yang dibuat oleh manusia)dengan ruang yang diisi pasir (di kedalaman 8-10 meter) di bawah Teras 5 pada Bor-2,sekitar 7600-7800 SM (Laboratorium BETA Miami, Florida)[9];

4. Umur dari pasir yang mengisi rongga di kedalaman 8-10 meter di Bor-2, sekitar 11.600-an tahun SM atau lebih tua (Lab Batan);

5. Umur dari lapisan dari kedalaman sekitar 5 meter sampai 12 meter,sekitar 14500 – 25000 SM/atau lebih tua (lab BETA Miami Florida).

Sebelumnya tim riset katastropik purba dan dilanjutkan tim terpadu penelitian mandiri Gunung Padang menemukan beberapa hal penting, pembukaan semak-semak pada sisi Tenggara teras 5 ke arah bawah menemukan 20 tingkat terasering punden berundak disusun oleh masyarakat yang berbudaya gotong royong mempunyai kemampuan teknologi yang maju. Terasering punden berundak ini mematahkan hipotesis penelitian sebelumnya bahwa situs gunung Padang hanya terdiri dari 5 teras pada area seluas 900 m2. Dengan dibukanya 20 tingkat terasering menunjukan bahwa situs gunung Padang sangat besar. Diperkirakan zona inti utama situs gunung Padang lebih besar dari 25 hektar, atau setidaknya dengan luas bangunan utama seluas 15 hektar.

Pembukaan semak-semak dan hasil pemindaian bumi dengan Georadar pada sisi Timur teras 2 ke arah bawah menemukan bentuk struktur pintu gerbang buatan manusia. Hasil pengambilan sampel dengan bor coring 1, memastikan struktur buatan manusia sampai dengan kedalaman -27m dari permukaan teras 3. Hasil pengambilan sampel dengan bor coring 2, menemukan struktur rongga2 besar buatan manusia yang berisi pasir dengan butiran yang sangat seragam. Hasil pengukuran dengan geomagnetik menemukan anomali medan magnetik yang besar pada teras 2.

Adanya tanda-tanda berbentuk gambar atau cekungan buatan manusia pada setiap batu yang berada di teras 1 s.d. 5. Penelitian mengenai makna bentuk gambar dan aksara yang terbentuk pada batu breksi andesit merupakan hal terbaru. Hal ini tengah diteliti serius oleh salah seorang anggota Tim, Dr. Andri S dari ITB.

Selain riset dan survei, kajian pustaka terus dilakukan. Sebut saja pada Naskah Bujangga Manik dari abad ke-16 menyebutkan suatu tempat “kabuyutan” (tempat leluhur yang dihormati oleh orang Sunda) di hulu Ci Sokan, sungai yang diketahui berhulu di sekitar tempat ini. Menurut legenda, Situs Gunungpadang merupakan tempat pertemuan berkala (kemungkinan tahunan) semua ketua adat dari masyarakat Sunda Kuna. Saat ini situs ini juga masih dipakai oleh kelompok penganut agama asli Sunda untuk melakukan pemujaan. Salah seorang anggotas Tim, Undang S Darsa sedang mengkaji dengan serius persoalan ini.

Jika dilihat dari atas, gunung padang terlihat sangat persis bentuknya dengan piramida yang ada di mesir. umurnya diperkirakan jauh lebih tua dari pada piramida mesir sekitar 10.000 tahun sebelum masehi. karena sesungguhnya gunung padang bukanlah gunung melainkan bangunan berbentuk mirip dengan piramida yang telah terkena timbunan debu vulkanik sehingga terlihat seperti gunung yang sudah ditumbuhi pepohonan. didalam gunung padang dipercaya memiliki ruang didalamnya yang kini telah tertimbun tanah.

Dalam situs gunung padang ditemukan alat musik yang berupa batu persegi panjang yang bergelombang pada bagian atasnya, jika setiap gelombang dipukul, maka akan mengeluarkan bunyi yang berbeda antar gelombang satu dengan yang lain. dan alat musik dari batu itu dapat dimainkan dengan benar.

Ada beberapa orang yang percaya kalau situs gunung padang memiliki keterkaitan dengan situs piramida yang ada di mesir, dikarenakan bentuknya yang mirip dengan ruang didalamnya dan karena umurnya yang jauh lebih tua dibandingkan piramida yang ada di mesir. saaat ini situs padang masih berada dalam masa pengkajian lebih lanjut.

Menelusuri misteri situs Gunung Padang. Usia “piramida” Gunung Padang diperkirakan 4.700-10.900 tahun sebelum Masehi–bandingkan dengan piramida Giza di Mesir, yang hanya 2.500 SM. Namun pembuktian belum maksimal, dan ini menyebabkan pakar geologi masih ragu terhadap “piramida” itu. Terlalu dini untuk diumumkan. Oleh karena itu Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang melanjutkan penelitiannya pada 2013 ini. [14] Hingga saat ini Gunung Padang sudah menjadi buah bibir setelah Tim Katastrofi Purba meneliti patahan gempa Sesar Cimandiri, sekitar empat kilometer ke arah utara dari situs tersebut.

Kontroversi merebak setelah Andi Arief merilis ada sejenis piramida di bawah Gunung Padang pada awal tahun lalu. “Apa pun nama dan bentuknya, yang jelas di bawah itu ada ruang-ruang. Selintas tak seperti gunung, seperti man-made.” demikian jelas Andi Arief

Kecurigaannya berawal dari bentuk Gunung Padang yang hampir segitiga sama kaki jika dilihat dari utara. Sebelumnya, Tim juga menemukan bentuk serupa di Gunung Sadahurip di Garut dan Bukit Dago Pakar di Bandung saat meneliti Sesar Lembang.

Andi Arief mengatakan pekerjaan timnya di Gunung Padang sudah hampir kelar. Untuk urusan penggalian, dia angkat tangan karena membutuhkan biaya besar. Namun demikian, Andi Ariefbersama Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang terus melanjutkan penelitian dan survei untuk mengetahui lebih jauh bawah permukaan Gunung Padang dengan berbagai metodologi, baikgeofisikaarkeologipaleosedimentasi, arsitektur dan kawasan, dan lain-lain. Direncanakan tim ini akan terus bekerja hingga Maret 2014 nanti.

Menjelang akhir tahun 2012, para peneliti Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang mengadakan pertemuan untuk mengevaluasi hasil riset dan survei pada 2012 dan merencanakan riset lanjutan di Gunung Padang. Pada pertemuan itu dihadiri oleh geolog andal, Dr. Danny Hilman Natawijaya, paleosedimentolog, Dr. Andang Bachtiar, arkeolog muda ahli prasejarah, Dr. Ali Akbar, ahli budaya, Dr. Lily Tjahjandari, praktisi arsitek dan kawasan, Pon Purajatnika, ahli kompleksitas dan astronomi, Hokky SitungkirRolan Mauludi, ahli permodelan sipil, Dr. Budianto Ontowirjo,ahli petrografi, Dr. Andri S Subandrio, dan tentu saja dihadiri juga oleh inisiator tim, Andi Arief.

Pertemuan yang diselenggarakan di Kantor Staf Khusus Presiden pada 18 Desember 2012 itu, menghasilkan pandangan-pandangan baru dari para ahli yang tergabung dalam Tim Terpadu Riset Mandiri memaparkan dan mendiskusikan temuan-temuan riset dan langkah-langkah ke depan. Tim Geologi memandang bahwa survei dan kajian yang dilakukan sudah mencapai 99% telah mendapatkan data lengkap baik data hasil survei geolistrikgeoradar, maupun geomagnetik, serta dan alat bantu geofisika lainnya. Selain tentunya citra satelit, foto IFSAR, kontur dan peta model dijital elevasi (DEM). Dari berbagai data yang dihasilkan itu, ditambah dengan pembuktian paleosedimentasi di beberapa titik bor sampling, serta analisa petrografi, secara saintifik bisa disimpulkan bahwa memang ada man-made structure di bawah permukaan situs Gunung Padang.

Bangunan di bawah permukaan ini juga dipastikan memiliki chamber dan bentuk-bentuk struktur lain (dugaan goa atau lorong), serta kecenderungan adanya anomali magnetik di berbagai lintasan alat geofisika. Temuan ini makin diperkuat dengan temuan Tim arkeologi yang berhasil menemukan artefak-artefak di barat dan timur bangunan Gunung Padang juga tersingkap, terutama di luar situs definitif saat ini. Bahkan temuan awal artefak berupa batu melengkung di sisi timur situs, menunjukkan dugaan kuat sebagai “pintu masuk” ke dalam bangunan bawah permukaan Gunung Padang. Temuan arkeologi ini, merupakan temuan terbaru sejak situs ini pertama kali ditemukan.

Di samping itu, Tim sipil dan arsitek sudah sampai tahap maju, selain memaparkan berbagai jenis potongan batu (yang menunjukkan campur tangan manusia dan teknologi masa itu), juga memaparkan luasan situs yang jauh lebih besar dari yang ada sekarang. Tim ini sudah menemukan struktur yang hampir mirip dengan temuan di Sumba Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya tim arsitektur menemukan kemiripan yang sama dengan piramida Machupichu Peru.

Dalam waktu dekat struktur imaginer yang lebih detail akan dibuat berdasarkan perbandingan yang ada. Sementara Tim astronomi akan menyelesaikan temuan timeline tahun pembuatan yang bisa secara saintifik dilakukan di luar hasil radio-carbon dating yang sudah dilakukan sampai validasi di dua lab yaitu laboratorium Badan Atom Nasional dan laboratorium radio-carbon di MiamiFloridaAmerika Serikat.

Apa yang akan dilakukan Ke depan? Semua tim terus bekerja dengan titik konsentrasi di lokasi yang berada di luar situs. Tim arkeologi menjadi terdepan membuka “pintu peradaban” leluhur kita yang sangat luar biasa ini. Adapun bentuk dan isi di dalamnya akan secara otomatis terkuak. Kita berharap kelanjutan riset ini berjalan lancar, dan akan selalu akan diumumkan terbuka kepada masyarakat.[16]

Disadari bahwa riset ini bukan hanya milik peneliti tetapi milik masyarakat luas. Kita berharap tidak berhenti pada terbukanya pintu peradaban saja, lebih dari itu ditemukan sesuatu yang bermanfaat dan dirasakan langsung oleh rakyat, ada dampaknya buat kesejahteraan rakyat masa kini dan masa depan.

Pada awal Januari 2013 Tim Arkeologi yang dikomandoi arkeolog muda Universitas IndonesiaAli Akbar, kembali merilis temuan 5 makam tua di areal yang kini menjadi objek penelitiannya. Penemuan tersebut bisa mengungkap tabir baru bahwa masyarakat sekitarlah yang pertama kali menemukan situs Gunung Padang. Dikemukakan bahwa penemuan 5 makam di sisi teras kelima situs itu, yang memiliki artefak (nisan) terbaca 2 makam saja. Berdasarkan pengamatannya, makam tersebut ada di areal situs megalitik sekitar tahun 1900-an. Dari beberapa makam yang ada, terdapat satu makam yang sedikit memberikan gambaran mengenai keberadaan makam dari sepasang nisan makam tersebut. Dijelaskan Ali Akbar, bahwa bila dilihat dari bentuk makamnya, itu adalah makam Islam. Satu nisan bertuliskan huruf latin dan satunya lagi bertuliskan huruf Arab. Menurut penjelasannya, dengan adanya temuan makam tua tersebut, berarti ada masyarakat yang tinggal dan menetap di situ. Kemudian ada jeda sampai NJ Krom menemukan situs tersebut dan melaporkannya ke pemerintah Belanda pada 1914.

Pada salah satu nisan tertera tulisan latin yang menerangkan nama jasad yang dimakamkan bernama “Hadi Winata” yang wafat pada tahun 1947. Almarhum tertulis juga wafat pada usia 68 tahun, artinya almarhum lahir pada tahun 1879. Di nisan lainnya, makam yang sama, tertera pula tulisan Arab, di nisan tersebut terbaca ‘prabu’ serta terdapat tahun hijriyah, 1356 H. Diperkirakan kemungkinan jasad yang dimakamkan itu merupakan golongan bangsawan bila sekilas diamati dari nama latin yang tercantum di nisan dan juga tulisan ‘Prabu’ di nisan berhuruf Arab. Para peneliti masih terus bekerja untuk bisa menaksir usia makam lainnya yang ada di areal Gunung Padang.

Awal Januari- Maret 2013 Tim Terpadu Riset Mandiri yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman Natawidjaja (ahli kebumian), Dr. Ali Akbar(arkeolog), Dr. Andang Bachtiar (paleosedimentolog) kembali melakukan penelitian dan survei lanjutan, menyatakan bahwa, di bawah permukaan Gunung Padang: Ada struktur geologi tak alamiah, dengan hipotesis Teknologi canggih zaman purba.

Kali ini Tim melakukan penggalian arkeologi dan survei geolistrik detil di sekitar penggalian lereng timur bukit, di luar pagar situs cagar budaya.

Tim arkeologi dipimpin DR. Ali Akbar dari Universitas Indonesia. Tim itu menemukan bukti yang mengkonfirmasi hipotesa tim bahwa di bawah tanah Gunung Padang ada struktur bangunan buatan manusia yang terdiri dari susunan batu kolom andesit, sama seperti struktur teras batu yang sudah tersingkap, dan dijadikan situs budaya di atas bukit. Terlihat di kotak gali permukaan fitur, susunan batu kolom andesit ini sudah tertimbun lapisan tanah setebal setengah sampai dua meter yang bercampur bongkahan pecahan batu kolom andesit.

Kotak gali arkeologi Tim Dr. Ali Akbar UI. memperlihatkan permukaan bangunan yang disusun dari batu-batu kolom andesit yang sudah tertutup oleh lapisan tanah dengan bongkah-bongkah pecaan batuan. Batu kolom ini posisinya memanjang sejajar lapisan.

Batu-batu kolom andesit disusun dengan posisi mendekati horisontal dengan arah memanjang hampir barat-timur (sekitar 70 derajat dari utara ke timur – N 70 E), sama dengan arah susunan batu kolom di dinding timur-barat teras satu, dan undak lereng terjal yang menghubungkan teras satu dengan teras dua. Dari posisi horisontal batu-batu kolom andesit dan arah lapisannya, dapat disimpulkan dengan pasti, bahwa batu-batu kolom atau “columnar joints” ini bukan dalam kondisi alamiah.

Batu-batu kolom hasil pendinginan dan pelapukan batuan lava/intrusi vulkanis di alam maka arah memanjang kolomnya akan tegak lurus terhadap arah lapisan atau aliran seperti ditemukan di banyak tempat di dunia. Kenampakan susunan batu-kolom yang terkuak di kotak gali memang terlihat luarbiasa rapi seperti layaknya kondisi alami saja.

Sehingga tidak heran apabila di akhir 2012 lalu ada tim arkeolog lain bekerja terpisah, dan sudah ikut menggali di sini menyimpulkan batu-batu kolom andesit di bawah tanah ini merupakan sumber batuan alamiahnya; mungkin karena mereka belum mempertimbangkan aspek geologinya dengan lengkap, dan juga tidak mengetahui data struktur bawah permukaan seperti diperlihatkan oleh hasil survei geolistrik.

Yang lebih mengejutkan adalah ditemukannya material pengisi diantara batu-batu kolom ini. Bahkan diantaranya ada batu kolom yang sudah pecah berkeping-keping, namun ditata dan disatukan lagi oleh material pengisi, atau kita sebut saja sebagai semen purba.

Makin ke bawah kotak gali, semen purba ini terlihat makin banyak, dan merata setebal 2 sentimeteran di antara batu-batu kolom. Selain di kotak gali, semen purba ini juga sudah ditemukan pada tebing undak antara teras satu dan dua, dan juga pada sampel inti bor dari kedalaman 1 sampai 15 meter dari pemboran yang dilakukan oleh tim pada tahun 2012 lalu di atas situs.

Ahli geologi tim dan juga pembina pusat Ikatan Ahli Geologi Indonesia pusat, DR. Andang Bachtiar, berdasarkan hasil analisis kimia yang dilakukannya pada sampel semen purba dari undak terjal teras satu ke dua, menemukan fakta lebih mengejutkan lagi. Ternyata material semen ini mempunyai komposisi utama 45% mineral besi dan 41% mineral silika. Sisanya adalah 14% mineral lempung, dan juga terdapat unsur karbon. Ini adalah komposisi bagus untuk semen perekat yang sangat kuat.

Barangkali ia menggabungkan konsep membuat resin, atau perekat modern dari bahan baku utama silika, dan penggunaan konsentrasi unsur besi yang menjadi penguat bata merah. Tingginya kandungan silika mengindikasikan semen ini bukan hasil pelapukan dari batuan kolom andesit di sekelilingnya yang miskin silika.

Kemudian, kadar besi di alam, bahkan di batuan yang ada di pertambangan mineral bijih sekalipun umumnya tak lebih dari 5% kandungan besinya, sehingga kadar besi “semen Gunung Padang” ini berlipat kali lebih tinggi dari kondisi alamiah.

Oleh karena itu dapat disimpulkan material diantara batu-batu kolom andesit ini adalah adonan semen buatan manusia. Artinya, teknologi masa itu kelihatannya sudah mengenal metalurgi. Andang menjelaskan, bahwa satu teknik umum untuk mendapatkan konsentrasi tinggi besi adalah dengan melakukan proses pembakaran dari hancuran bebatuan dengan suhu sangat tinggi. Mirip pembuatan bata merah, yaitu membakar lempung kaolinit dan illit untuk menghasilkan konsentrasi besi tinggi pada bata tersebut.

Indikasi adanya teknologi metalurgi purba ini diperkuat lagi oleh temuan segumpal material seperti logam sebesar 10 sentimeter oleh tim Ali Akbar pada kedalaman 1 meter di lereng timur Gunung Padang. Material logam berkarat ini mempunyai permukaan kasar berongga-rongga kecil dipermukaannya. Diduga material ini adalah adonan logam sisa pembakaran (“slug”) yang masih bercampur dengan material karbon yang menjadi bahan pembakarnya, bisa dari kayu, batu bara atau lainnya. Rongga-rongga itu kemungkinan terjadi akibat pelepasan gas CO2 ketika pembakaran. Tim akan melakukan analisa lab lebih lanjut untuk meneliti hal ini.

Yang tidak kalah mencengangkan adalah perkiraan umur dari semen purba ini. Hasil analisis radiometrik dari kandungan unsur karbonnya pada beberapa sampel semen di bor inti dari kedalaman 5 – 15 meter yang dilakukan pada 2012 di laboratorium bergengsi BETALAB, Miami, USA pada pertengahan 2012 menunjukan umur dengan kisaran antara 13.000 sampai 23.000 tahun lalu. Kemudian, hasil carbon dating dari lapisan tanah yang menutupi susunan batu kolom andesit di kedalaman 3-4 meter di Teras 5 menunjukkan umur sekitar 8700 tahun lalu.

Sebelumnya hasil carbon dating yang dilakukan di laboratorium BATAN dari pasir dominan kuarsa yang mengisi rongga di antara kolom-kolom andesit di kedalaman 8-10 meter di bawah Teras lima, juga menunjukkan kisaran umur sama yaitu sekitar 13.000 tahun lalu.

Fakta itu sangat kontroversial karena pengetahuan mainstream sekarang belum mengenal atau mengakui ada peradaban (tinggi) pada masa se-purba ini, di manapun di dunia, apalagi di nusantara yang konon masa pra-sejarahnya banyak diyakini masih primitif walaupun alamnya luarbiasa indah dan kaya; sementara di wilayah tandus gurun pasir Mesir orang bisa membuat bangunan piramida yang sangat luarbiasa itu. Tapi fakta di Gunung Padang berbicara lain. Rasanya bukan mustahil lagi bangsa Nusantara mempunyai peradaban yang semaju peradaban Mesir purba, bahkan pada masa yang jauh lebih tua lagi.

Struktur bangunan dari susunan batu-batu kolom berdiameter sampai 50 cm dengan panjang bisa lebih dari 1 meter ini sudah sangat spektakuler karena bagaimanakah masyarakat purbakala dapat menyusun batu-batu besar yang sangat berat ini demikian rapi dan disemen pula oleh adonan material yang istimewa. Selanjutnya survei geolistrik yang dilakukan di sekitar lokasi pengalian oleh tim geologi/geofisika dari LabEarth LIPI, menguak fakta yang tidak kalah fantastis dari fitur bangunan purba di bawah permukaan ini.

Survei terbaru ini adalah survei pendetilan sebagai lanjutan dari puluhan lintasan survei geolistrik 2-D, 3-D dan survei georadar yang sudah dilakukan pada tahun 2011, 2012 dan awal 2013 di sekujur badan Gunung Padang, dari kaki sampai puncak bukit.

Hasil survei geolistrik memperlihatkan bahwa lapisan susunan batu kolom yang terlihat di kotak gali keberadaannya dapat diikuti terus sampai ke atas bersatu di bawah badan situs Gunung Padang di atas bukit, dan juga melebar sampai jauh ke kaki bukit.

Penampang struktur bawah permukaan berdasarkan resistivitas batuan dari lintasan geolistrik melewati kotak gali (testpit) arkeologi. Lapisan bangunan dari susunan kolom andesit terlihat menerus ke bagian bawah dari situs di atas bukit dan juga ke kaki bukit. Di bawahnya terlihat geometri unik yang diduga masih bangunan. Peralatan survey memakai Supersting R8 dan software Earth Imager. Model di atas memakai metoda Average Resistivity. Nilai RMS menunjukkan bahwa hasil simulasi dari model ini mempunyai perbedaan/tingkat kesalahan hanya 4% dibandingkan dengan data hasil survey.

Fakta ini mendukung hasil penelitian ahli arsitektur Pon Purajatnika, anggota tim terpadu yang juga pernah menjabat Ketua Ikatan Ahli Arsitektur Jawa Barat, yang pertama kali melontarkan gagasan tentang struktur teras-teras Gunung Padang mirip situs Michu Pichu di Peru.

Sampai saat ini penggalian dilakukan baru sampai kedalaman 4 meteran saja, namun survei geolistrik memperlihatkan di bawahnya masih ada kenampakan struktur bangunan dengan geometri yang terlihat menakjubkan sampai kedalaman lebih dari 10 meter. Hasil survei geolistrik, dan georadar juga sudah dapat memperlihatkan struktur (geologi) bawah permukaan yang membentuk morfologi bukit Gunung Padang adalah lapisan batuan dengan ketebalan 30-50 meter yang mempunyai nilai tahanan listrik (resistivitas) sangat tinggi (ribuan Ohm-Meter) berbentuk seperti lidah dengan posisi hampir horisontal, selaras dengan bukit memanjang utara-selatan, dan miring landai ke arah utara. Jadi selaras juga dengan undak-undak teras yang dibangun di atasnya.

Lapisan batu berbentuk seperli lidah ini juga mempunyai bidang miring yang rata ke arah barat dan timur bukit selaras dengan kemiringan lerengnya. Lapisan lava ini berada pada kedalaman lebih dari 10 meter di bawah permukaan.

Dari data pemboran yang dilakukan oleh DR. Andang Bachtiar dan juga analisis mikroskopik batuan dari sampel inti bor yang dilakukan oleh DR. Andri Subandrio, ahli geologi batuan gunung api dari Lab. Petrologi ITB, dapat dipastikan tubuh batuan dengan resistivitas tinggi ini adalah batuan lava andesit, sama seperti tipe batu kolom dari situs Gunung Padang. Hal lain cukup menarik dari analisa petrologi adalah temuan banyaknya retakan-retakan mikroskopik pada sayatan tipis batu kolom andesit yang diduga non-alamiah. Soalnya, retakan itu memotong kristal-kristal mineral penyusunnya.

Dari banyak penampang geolistrik, terlihat lidah lava andesit ini mempunyai leher intrusi (sumber terobosan batuan vulkanis dari bawah) berlokasi di area lereng selatan dari situs Gunung Padang. Jadi setelah cairan panas intrusi magma mencapai permukaan kemudian mengalir ke utara, dan setelah mendingin membentuk lidah lava tersebut. Yang masih menjadi teka-teki besar adalah apakah tubuh batuan lava di perut Gunung Padang ini adalah sumber dari batu-batu kolom andesit yang dipakai untuk menyusun situs?

Boleh jadi benar. Sampai saat ini tidak ditemukan ada sumber batuan kolom andesit dalam radius beberapa kilometer dari Gunung Padang. Masalahnya tidak ada bekas-bekas penambangan, atau lapisan lava yang tersingkap di area Gunung Padang.

Jadi, apabila orang berhipotesa bahwa sumber batuannya dari dalam bukit, maka mau tidak mau harus juga mengasumsikan dulunya lapisan lava itu pernah tersingkap, atau ditambang oleh manusia purba, kemudian baru batu-batu kolom yang sudah diambil lalu disusun-ulang untuk menutupi sekujur badan lava menjadi satu mahakarya monumen arsitektur besar yang luarbiasa.

Perlu juga dicatat bahwa mengekstraksi batu-batu kolom andesit dari batuan induknya bukanlah hal mudah. Ia harus dapat memisahkan batu-batu besar dan berat tersebut dengan utuh dari batuan induknya dalam jumlah sangat besar. Berbeda dengan penambangan batuan biasa yang tidak perlu kuatir dengan batu yang pecah, misalnya dengan peledakan dinamit. Yang jelas untuk abad sekarang atau ratusan tahun ke belakang di dunia ini tak pernah ada penambangan batu-batu kolom andesit untuk dipakai sebagai bata bangunan.

Penelitian di Gunung Padang belum selesai. Tim Terpadu Riset Mandiri, walaupun tanpa dibantu dana negara, akan terus bekerja keras meneliti banyak misteri besar yang masih belum terkuak. Termasuk melakukan pemboran, atau eskavasi dalam untuk membuktikan dengan lebih gamblang keberadaan struktur bangunan dan ruang-ruang di bawah kedalaman 4-5 meter.

Demikian juga pentarikhan umur situs. Walaupun sudah dilakukan dengan teliti dan hati-hati, masih perlu dicek ulang dengan sampel-sampel yang lebih baik lagi, karena umur ini hal yang sangat vital untuk kesimpulan akhirnya nanti.

Tim juga menduga situs Gunung Padang kemungkinan besar tidak dibangun dalam satu masa, tapi produk lebih dari satu lapis kebudayaan. Misalnya, yang membuat batu-batu kolom menjadi menhir-menhir, belum tentu sama dengan masyarakat yang membuat susunan batu-batu kolom dengan semen purba. Demikian juga bangunan susunan batu kolom andesit di permukaan, atau yang sudah tertimbun beberapa meter di bawah, belum tentu dibangun satu masa dengan struktur bangunan di bawahnya lagi.

Penelitian ala Tim Terpadu Riset Mandiri memperlihatkan bahwa bahu membahu yang erat dari berbagai disiplin ilmu dengan metoda penelitian saling mengisi sangat diperlukan untuk menguak warisan kebudayaan nusantara. Masalah Gunung Padang tidak bisa lagi dikesampingkan. Walaupun masih banyak pertanyaan belum terjawab, dan analisa yang belum tuntas, hasil-hasil penelitian yang sudah ada memberikan banyak informasi penting.

Juga ada harapan situs Gunung Padang berpotensi setara Borobudur, dengan makna yang penting karena dapat menjadi terobosan pengetahuan tentang “the craddle of civilizations” pada abad ini. Ia bisa menjadi bukti monumen besar dari peradaban adijaya tertua di dunia, yang entah karena bencana apa, musnah ribuan tahun lalu dalam masa pra-sejarah Indonesia.

struktur gunung padang - Ir.Pon Purjaatnika Msc

update terbaru: “semen /perekat purba” di antara struktur bangunan di bawah lapisan tanah di situs gunung padang


Similar posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

" jelas Dirjen Kebudayaan

" Jelas Wamen. Setelah sidang UNESCO di Moscow awal juli

" jelasnya. Dia juga menambahkan

" kata Walikota Surabaya

" kata Windu di kantornya

" pungkas Andi. (Ong)

" tegasnya. Dilansir dari laman budaya-indonesia.org

" Ungkapnya. Dalam koordinasi tersebut terungkap juga bahwa Indonesia mendapat mandat dari dunia internasional untuk menjadi Pusat Kebencanaan Dan Arkeologi

"Ngecewain banget dengan sembakonya

' dan tentunya akan memudahkan untuk mendaftarkan situs Gunung Padang sebagai salah satu Warisan Dunia di UNESCO

- red) kita udah ngantre dari jam 08.00 mba

11 April 2011. "Dalam kesempatan itu

12 juta dari total penduduk Indonesia sekitar 241.452.952 orang. “Padahal Indonesia memiliki sumber daya alam dan budaya yang cukup besar. Jumlah pengangguran mencapai 28

17-20 September 2012

18 Mei 2013

18 – 31 Mei 2013

5 juta atau sekitar 12 persen. Suami Wiendu Nuryanti. Untuk itu perlu dikembangkan industri berbasis budaya.” tutup Wiendu. Sementara itu

65 persen atau sebanyak 7

 "test pit" di Gunung Padang akan mengkonfirmasi banyak tempat di Indonesia yang disinyalir memiliki "kebudayaan". " Kalibrasi alat akan berfungsi untuk itu

 Unesco mengakui

ada 16 kategori kebudayaan Indonesia dengan berbagai data yang memang sangat luar biasa banyaknya. "Pernyataan Wamendikbud ini sudah sepantasnya didukung oleh berbagai pihak

ada sebagian warga yang melemparkan paket sembako tersebut karena kesal.

Aeng

aeng mundur

aeng mundur dari ketua dprd banten

agus desak aeng mundur

agus wisas

ahli administrasi negara

ahli budaya FIB UI

ahli kompleksitas dan astronomi dari BFI

ahli permodelan sipil BPPT

ahli petrografi ITB

airin

airin dipanggil kpk

akan disusun rencana tersebut

akan membiayai pemugaran dengan pengawasan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Biaya pemugaran sepenuhnya diperole

alun-alun kasepuhan

Andi Arief

Andi Arief mengungkapkan bahwa Peru bukan negara pertama yang memberi ucapan selamat dan menawarkan riset bersama. Ada beberapa negara dan fihak lain yg menawarkan hal serupa. Terkait tawaran dari Dub

Angklung dan Tari Saman. Penghargaan dunia terhadap warisan budaya Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan (Intangible Cultural Heritage of Humanity) tentu sangat membanggakan sek

antara satu generasi dengan generasi yang akan datang

apalagi di banyak Ibukota Kabupaten dan hampir semua Ibukota Kecamatan diluar Jakarta

Arab Saudi

artinya tidak bisa didekati dengan satu disiplin ilmu semata

audio

bahkan kita diminta untuk memimpin kebencanaan dan Heritage

bahkan untuk sekedar berkumpul dengan positif." ungkap Apriliana. Bahkan menurutnya

bahwa 90% lebih kota-kota di Indonesia

bahwa untuk pertamakalinya ilmuwan-ilmuwan kita mampu secara mandiri (tanpa melibatkan asing

baik karya seni maupun benda yang telah dipatenkan. Untuk itu

Bali

Bali Region

Banda Naira Maluku

Bapak Ekotjipto yang juga merupakan Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) memulai pembahasan dengan menggelontorkan beberapa isu seperti penetapan Hari Wayang pada 7 November

Bapak Hashim Djojohadikusumo selanjutnya memberikan keynote speech. Beliau mengajak seluruh peserta seminar untuk bersama-sama menjaga Wayang dari berbagai ancaman kepunahan. Salah satu ancaman datang

baru beberapa produk saja

Batik

beliau juga menggunakan kesempatan ini untuk mendorong Wayang masuk dalam kurikulum pendidikan nasional. suatu isu lama yang sudah beberapa kali disingung oleh Wapres Boediono dalam berbagai kesempata

berbangga dan terharu sekali karena sejak awal chairwoman ICOMOS mempresentasikan profile situs Indonesia (Provinsi Bali) yang terdiri dari 4 situs ” Living Cultural Landscape” suasana sidang tiba-tib

berharap Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti dapat kembali menggagas Wayang Summit di tahun 2013. "Ini penting karena Wamendikbud sendiri pernah mengatakan bahwa

berita kpk

berkenaan dengan situs Gunung Padang di Indonesia dan situs Manchu Picchu di Peru." ungkap Wiendu. Menurut Wiendu

BERKESENIAN

biar memancing minat yang belum untuk mengajukan diri dan yang sudah ditentukan dapat bersiap-siap." demikian Apriliana.

Bina Marga dan pengairan dan Dinas Kebudayaan. Kehadiran delegasi Indonesia pada sidang Unesco di St Petersbugh ini dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Pr

bohongnya keterlaluan!" kecam misnah (51)

Boven Digul Papua. Prof. Dr. Boediono mengungkapkan di hadapan masyarakat Ende kala itu

Budaya Indonesia

budaya masyarakat gunung punya kontribusi besar pada bangsa Indonesia. Jadi tidak berlebihan jika di bangun museum yang berisikan budaya masyarakat pegunungan. Kepala Seksi Museum Dinas Kebudayaan DI

budaya-tradisi

budayawan Goenawan Mohamad

Bung Karno sering mengikuti sholat Jumat di masjid ini. Konsep pelestarian: “Revitalisasi area masjid Ar-Rabithah sebagai ruang refleksi pengembangan religiusitas.” Katedral Christo Regi. Merupakan te

Bupati Sukoharjo

Cambodia

cctv museum nasional

CIREBON– "Baru 1 dari 89 keraton yang tersebar di seluruh Nusantara perlu dilakukan perbaikan khusus

dalam pertemuan tersebut

dalam rangka World Wayang and Puppet Carnival 2013 dengan tema: Puppet in 21st century. Dalam acara tersebut mengemuka

dan apresiasi koleksi seni budaya sampai dengan penerjemahan karhya-karya sastra besar Indonesia ke dalam bahasa negara setempat. Interaksi sosial budaya Indonesia

dan Asam Jawa. Di lokasi inilah Bung Karno mendapatkan ilham mengenai butir-butir mutiara kebangsaan

dan beberapa negara-negara Afrika bahkan pimpinan delegasi Mexico memberi ilustrasi dengan mereferensikan tulisan-tulisan daripada penulis terkenal Michael Copa Rubias tentang kearifan-kearifan lokal

dan BERKARYA untuk meningkatkan kualitas kehidupan seutuhnya melalui pembangunan karakter

dan gerak. Seni memberikan keindahan bagi setiap orang dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Tujuan acara tersebut adalah ajang kebersamaan dan meningkatkan semangat berkarya seni rupa bagi para

dan isi paket sembako tersebut ternyata jauh dari bayangan warga. "Isinya cuma beras 1 liter

dan Keprabon. Revitalisasi termasuk kawasan sekitar istana

dan Keraton Keprabonan. Pemerintah juga akan melakukan cagar budaya seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa

dan Lomba Mewarnai Karakter Wayang untuk anak-anak. Pergelaran wayang di lima (5) panggung menampilkan Wayang Nusantara & Wayang Dunia. Jika sejak tahun 2003

dan makam Sunan Gunung Jati. “Setiap keraton kondisinya berbeda-beda. Ada keraton yang sudah tertata baik

dan pembangunan organisasi promosi dan pemasaran sekitar Rp21.050.000.000 miliar. Menurut Wiendu

dan pendekatan bisa dipadukan. Untuk itu

dan pengembangan kebudayaan. Lebih lanjut wiendu nuryanti menjelaskan bahwa Rumah Budaya diciptakan sebagai wahana BELAJAR

dan rasa cinta tanah air yang pernah dianggap sebagai kekuatan pemersatu dan ciri khas bangsa Indonesia yang multikultur

dan Taman Sari Goa. Pemerintah merevitalisasi empat keraton di Cirebon. Saat ini kondisi keraton tersebut mulai rusak berat. Biaya revitalisasi diperkirakan menelan dana hingga Rp 160 miliar. Empat ke

dan Tampan Tailor. Kegiatan "NONTON BARENG FILM INSPIRATIF 2013" ini rencananya akan digelar di 30 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Kota-kota yang dipilih adalah kota-kota yang tidak atau belum me

dan telah terdaftar di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). "Akhirnya sampai pada tahap ini

dan tenaga pendidik di daerah untuk menonton film berkualitas yang dapat menginspirasi dan merangsang mereka untuk berdiskusi mengenai nilai budaya yang terdapat dalam film tersebut. Dihubungi terpisa

dari desa ke desa dan lain sebagainya. “Data kebudayaan saat ini sedang disusun agar didaftarkan dan dipatenkan

Delegasi Jepang mengawali dukungannya disusul oleh sebagian besar negara-negara lain seperti : Jerman

dengan Pembukaan : Sabtu

dengan percepatan revitalisasi dimaksudkan agar keraton di Cirebon dapat memaksimalkan fungsinya sebagai aset budaya dan mendorong Cirebon menjadi salah satu dinasti tourism. “Baik itu peninggalan fis

dengan tema Cultural Landscape of Bali Province: The Subak System as a Manifestation of the Tri Hita Karana Philosophy. Yakni Jati Luih

dewasa ini cenderung semakin memudar bersamaan dengan menguatnya nilai-nilai materialisme. Desa adat merupakan kumunitas yang membingkai nilai-nilai tersebut dalam ruang tradisi kebudayaan. Dalam desa

di kota Ende

di mana nilai pendapatan ekspresi seni budaya untuk negara lebih besar dari perolehan ekspor otomotif dan berbagai manufaktur. “Bila dioptimalkan

di Nusa Dua

dimana perbedaan metodologi

direncanakan akan membuka Indian Paintings Exhibition Diselenggaran di Taman Ismail Marzuki (TIM)

diyakini bisa mengalahkan sektor bisnis lainnya. Potensi itu semakin kuat lantaran Indonesia memiliki beragam keunikan budaya yang belum dipatenkan. Bila hal ini dioptimalkan

dll) dan pameran hasil karya seni.

dprd banten

Dr. Ali Akbar

Dr. Andang Bachtiar

Dr. Andri S Subandrio

Dr. Budianto Ontowirjo

DR. Budiono Ontowirjo dan beberapa staf Wamen. Dikatakan Prof DR Wiendu Nuryanti hasil awal dari penelitian ini adalah prosesnya

Dr. Danny Hilman Natawijaya

Dr. Lily Tjahjandari

Dr.Apriliana dari The Wisdom Institute mengaku bahwa kegiatan tersebut sangat penting dalam misi kebudayaan di Indonesia

dsb. Menurut Guru Besar Kebudayaan dari UGM ini

Dubes Peru menawarkan kolaborasi riset antara Pemerintah Peru dengan Pemerintah Indonesia

Duta besar India untuk Indonesia). Untuk informasi selanjutnya bisa menghubungi: 0813 1738 9896 / admin@indianfinearts.com Acara ini terselenggara atas kerjasama antara PKJ-tama Ismail Marzuki dengan

ekonomi kreatif dan instrumen-instrumen lain seperti industri atau pertanian. Untuk strategi kota kebudayaan di masa depan

ENDE- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti melakukan pemugaran rumah pengasingan Sukarno

Erick Ridzky dari Tim Bencana Katastropik Purba

Ery Seda

Fasli Djalal

Flores

Flores dan Deputi Sekretaris Wakil Presiden bidang Kesejahteraan Rakyat Bambang Widiyanto. Bila berjalan sesuai rencana

foto IFSAR

georadar

Gerakan mencintai dan mengerti tentang museum yang di canangkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan sudah mulai terlihat hasilnya. Pembangunan beberapa museum sudah terealisasi awal tahun ini

Gunung Padang sudah memasuki tahap akhir penelitian

guru

guru dan masyarakat. Tujuannya kegiatan itu adalah untuk membangun karakter bangsa untuk semua lapisan masyarakat

hal ini penting mengingat kehidupan itu adalah sebuah totalitas

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi terakhir Tim Mandiri Riset Terpadu Gunung Padang dengan Wakil menteri Pendidikan Dan Kebudayaan

hal tersebut diungkapkan oleh Dubes Peru untuk Indonesia pada saat gathering Presiden SBY dan para duta besar negara sahabat di Cipanas

handicraft)

harapannya akan ada link dengan Universitas supaya ada keberlanjutan. Seperti diketahui

hari dimana Wayang mendapat pengakuan sebagai warisan kekayaan dunia oleh UNESCO. Secara khusus

hari ini (18/6). Turut hadir dalam pertemuan tersebut Andi Arief

harun

Hasduk Berpola

hingga saat ini Indonesia masih minim data

Hokky Situngkir

hubungan antar kota-kota budaya dan pengembangan ekonomi kreatif untuk kesejahteraan warganya

ia akan datang kembali untuk merenovasi situs Bung Karno sebagai rakyat Indonesia yang perduli dengan sejarah kelahiran bangsa. “Tujuan merenovasi Situs Bung Karno di Ende adalah untuk membuat ikatan

ia juga berkunjung ke Blitar Jawa Timur

icw

India

Indonesia akan lebih besar dari Amerika dan bisa menjadi kekuatan ekonomi karena perolehan nilai yang sangat tinggi. Dari pada mengoptimalkan industri manufaktur yang mendatangkan limbah

Indonesia juga

Indonesia merupakan negara adidaya dalam bidang kebudayaan. Wiendu mengatakan sebagai negara besar yang terdiri atas beribu pulau yang dipenuhi berbagai kebudayaan

Indonesia telah mengajukan tenun menjadi warisan dunia asal Indonesia. Unesco akan menyidangkan kerajinan tenun pada 4-6 Desember mendatang

infrastruktur Rp138.349.062.400 miliar

ini mendapat sambutan yang antusias dari pelajar

jadwal sidang pada tanggal 29 juni 2012 seharusnya sudah dimulai jam 10 pagi waktu setempat

JAKARTA - Tahun ini Indonesia resmi memiliki Tim Ahli Nasional Cagar Budaya bersertifikasi. Hal ini suatu yang menggembirakan

Jakarta - Warga yang mengantri atas undangan Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) dalam pembagian sembako di YLBHI (25/Maret) mengamuk karena MKRI ternyata membohongi mereka. Pasalnya

JAKARTA- Prof. Wiendu Nuryanti membuka Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) yang mengadakan pameran seni rupa kedua. Ini dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia. Pameran yang diadakan di galeri

Jakarta. Acara yang yang mengangkat tema "BHINNEKA TUNGGAL IKA" ini akan melibatkan 50 award winning professional artists from India. Acara ini sendiri akan diselenggarakan di Galeri Cipta II

jamu merupakan warisan budaya Indonesia yang tak dimiliki negara lain. Pernyataan Wakil Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti itu disampaikan di hadapan pelaku UMKM

Jawa Barat. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti menyebutkan

jelas Wiendu Nuryati

jelasnya

Jogjakarta

juga diadakan workshop dan lomba seni lukis bagi anak Sekolah Dasar (SD). Peserta lomba seni lukis tersebut diikuti 60 siswa SD Gambir 1 Jakarta Pusat

juga sebagai salah satu Keajaiban Dunia." Dalam kesempatan itu Wiendu juga mengungkapkan bahwa Kemendikbud akan membawa temuan Gunung Padang dalam World Culture Forum (WCF 2013) yang digelar UNESCO da

jumlah UMKM di Kota Makmur sebanyak 28.618 lokasi. Terdiri atas kluster-kluster seperti kluster rotan di Kecamatan Gatak

k

Kacirebonan

Kacung Maridjan menambahkan.

kajian dan bekerja sama dengan kementerian luar negeri dan Kesra

kala itu. Sebanyak 38 negara mengikuti deliberasi guna merumuskan suatu keputusan dalam melestarikan kota-kota budaya. Pembahasan yang dikemukakan dalam perhelatan ini antara lain

kalau tidak dibentuk akan kerepotan

Kanoman

karena berpotensi mengubah peta sejarah dunia termasuk Indonesia. "Yang lebih dari itu penting

karena kondisi bangunan yang rusak dan tidak terawat." ungkap Wamendikbud RI

karena tim ini baru terbentuk setelah lembaga kecagarbudayaan berusia 100 tahun di tanah air. Wakil Mendikbud Bidang Kebudayaan

karena Wayang sungguh khas Indonesia." demikian Liffany.

Karya Budatya. Suami Wiendu Nuryanti.

kasis alkes

kasu alkes banten

kasus alkes

kasus alkes banten

kasus alkes tangerang

kasus cpns

kasus korupsi alkes

kasus pns

kasus pns banten

kasus pulau ratu atut

kasus ratu atut chosiyah

kasus tppu

kasus tppu wawan

kasus wawan

kata dia

kata Wiendu

Kawasan Pura Taman Ayun dan Das Pakerisan yang merupakan implementasi Tri Hita Karana telah ditetapkan sebagai World Heretage Cultural atau warisan Budaya Dunia.” katanya Bupati Badung Gde Agung Hadir

ke depan setiap provinsi dan kabupaten/kota juga akan memiliki tim ahli cagar budaya bersertifikasi

Kebudayaan

Kecamatan Mojolaban

kedua negara dapat diuntungkan dengan melakukan kolaborasi seperti ini

kedua situs bisa jadi 'sister sites

kehidupan masyarakat yang sejahtera

kekeluargaan

kelas satu sampai lima.

Kemdikbud

Kemendikbud belum mengumumkan kota dan kabupaten mana saja dan bagaimana syarat sebuah kabupaten atau kota mengajukan diri. "Diumumkan saja kota mana yang akan dikunjungi dan kota mana yang belum

Kemendikbud RI tengah menggalakan sosialisasi dan edukasi terkait pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa. Pada acara yang resmi dihadir

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

keramahtamahan sosial

keraton di Cirebon merupakan kerajaan yang paling dekat dengan Jakarta. Untuk itu

Keraton Kacirebonan

Keraton Kanoman

Keris

kesenian dan bahasa

khususnya bagi “Generasi Emas” yang dimiliki Indonesia. Sebagaimana diketahui

khususnya industri kreatif." ungkap Taufik Rahzen

khususnya mengenai nilai penting dan keterkaitan situs dengan Bung Karno selama di pengasingan. Dengan arahan dan konsep pelestarian untuk masing-masing situs sebagai berikut: Pelabuhan. Merupakan lok

kita nungguin berjam-jam kepanasan orang ngomong apa yang kita kaga ngerti

kita punya tim ahli penetapan cagar budaya

kluster gamelan di Wirun

kluster jamu di Kecamatan Nguter dan sebagainya. Bupati juga menyambut baik ide Wamen Kemendikbud yang akan mengusulkan jamu tradisional menjadi warisan budaya dunia. “Produk jamu asal Sukoharjo sudah

Kompleks Kantor Pemkab Sukoharjo. “Sukoharjo dikenal dengan sebutan kota tekstil dan jamu tradisional Indonesia. Tahun ini Kemendikbud telah menyusun dokumen soal jamu tradisional untuk diusulkan ke U

kontur dan peta model dijital elevasi (DEM). Dari berbagai data yang dihasilkan itu

korupsi dikbud

Korupsi Kemendikbud

Korupsi Wamendikbud

korupsi wawan

koruptor

Kota

kota budaya haruslah memiliki perlindungan”

kpk

kpk geledah rumah dprd banten

kpk panggil dprd

kpk periksa iin

kpk periksa sekda banten

kpk sita harta wawan

kpk sita mobil

kpk sita mobil wawan

lanjut Wiendu.

lanjutnya

Lawang Sanga

lebih baik mengoptimalkan ekspresi seni budaya untuk dipatenkan dan mendapat HAKI

lukisan

M Nuh

M. Arch.

Mahoni

maka ekspresi budaya Indonesia yang dipatenkan bisa menjadi kekuatan ekonomi baru. Indonesia

maka hal ini semakin memantapkan langkah kita bersama untuk menjadikan wayang sebagai salah satu acuan dalam pembangunan kebudayaan. Langkah-langkah itu bisa diwujudkan dengan acuan untuk tuntunan eti

maka hal tersebut menjadi kewajiban dan tanggung jawab pemerintah untuk mengurusnya. Tetapi sampai saat ini

maka pemugaran kedua lokasi bersejarah ini akan selesai pada 1 Juni 2013 dan siap diresmikan Wakil Presiden Boediono. Bertindak sebagai pihak pemugar adalah Yayasan Ende Flores

maka riset ini akan diberikan pada negara. Terserah negara nanti apakah menerima tawaran join riset tersebut." demikian Andi Arief. Sebagai informasi

Makam Sunan Gunung Jati

mantan Ketua Umum IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) paleosedimentolog

maraknya fenomena Geng Motor yang melibatkan pelajar SMA bahkan SMP juga diakibatkan miskinya ruang bari para pelajar tersebut. "Kegiatan ini harusnya didukung oleh para Kepala-Kepala Daerah

masjid agung

masyarakat khususnya pelajar miskin kegiatan. "Kita pernah meriset

maupun geomagnetik

maupun lebih luas lagi untuk pengembangan ekonomi kreatif dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Lifany Kurnia dari The Wisdom Institute kepada redaksi

membahas pentingnya mengelola

memberikan sambutan pada Seminar Internasional tentang Wayang

mempromosikan dan melestarikan kota budaya di kawasan negara-negara Asia Eropa. “Kota budaya adalah kota-kota yang kaya akan ekspresi budaya dalam arti luas

memupuk keberagaman

mendapat dukungan dari banyak Kyai setempat. “Tidak benar jika nilai-nilai Agama berbenturan dengan Wayang

mendapatkan pendidikan karakter secara bawah sadar." lanjut periset ini. Sayangnya

mending aye ambil cucian masih dapet lebih dari itu. nipu ini." lanjut Yati. Berdasarkan pantauan redaksi

mengingat penelitian Gunung Padang merupakan salah satu tugas UU

mengingat selain sebagai Ring Of Fire

menurut Andi ini adalah hal positif

menurut Apriliana

merupakan Ring Of Culture. " Indonesia adi daya dibidang Kebudayaan

mesti banyak pendekatan (multidisipliner)

Metro Politika

Metro Politika. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Minggu (5/5/2013). Sebagai informasi

misalnya ekspresi tari”

mitos seputar kultur lereng Merapi. Seperti halnya yang telah disampaikan oleh Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti pada sebuah kesempatan museum ini menjadi tempat pengenalan peradaban gun

moral dan karakter bangsa

Museum Keris akan dibangun di Solo

Museum Noken yang didirikan di Jayapura

musik

nama-nama lain dalam yayasan ini adalah Don Bosco M. Wangge (Bupati Ende)

namun ada juga yang tidak terurus

namun juga memiliki budaya khas

namun karena sidang sebelumnya berjalan sangat jauh molor yang berakhir dengan voting yang menegangkan maka sidang yang membahas Indonesia tertunda sampai dengan kira-kira pukul 17.00 sore delegasi In

namun untuk sementara tim terpadu fokus pada penuntasan pembuktian tampak luar gunung padang. "Hingga akhirnya nanti jika dirasa sudah lengkap

negara Indonesia berada di kawasan cicin api yang artinya

nilai-nilai solidaritas sosial

Nusa Dua (Metrobali.com)- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti menjelaskan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) industri budaya Indonesia. Jika dioptimalkan

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur. Upaya pemugaran yang akan berlangsung selama satu tahun ke depan juga akan dilakukan terhadap Taman Rendo

nyatanya baru sekitar pukul 14.30 WIB dibagikan. Ditambah janji pembagian uang transportasi dari panitia pembagian sembako yang ternyata tidak ada

nyatanya tindakan Bapak Hashim merogoh kocek pribadinya guna merenovasi Patung Wayang yang dihancurkan tersebut

pada 2013 ini ada gebrakan dari Bu Wiendu

pada 2013 pemerintah akan melakukan revitalisasi di empat keraton

pada pertemuan ASEM-CMM (Asia Europe Meeting Culture Ministers’ Meeting) ke-5 yang berlangsung di Yogyakarta

pada pertengahan tahun ini. Rencana pembangunan Museum Budaya Gunung ini tidak lepas dari peran berbagai komunitas secara intensif menggelar berbagai forum kebudayaan gunung seperti Festival Lima Gunu

Pada tahun 2012 lalu

Pak

pakar dan seniman dalang serta pertunjukan wayang dari nusantara dan mancanegara. Mengambil tema “Merajut Kerjasama Kebudayaan Dunia Melalui Wayang” berlangsung selama dua hari Sabtu-Minggu (24-25/11)

pameran juga bertujuan untuk menunjukkan arti jalinan kerjasama dalam bentuk solidaritas komunitas dengan karya seni rupa sebagai pengikat. Ada 52 seni lukisan yang dipamerkan di Gedung GNI Jalan Meda

Pameran Wayang

panitia bilang datang dari pagi

Papua

para ahli dapat bekerjasama dalam mempelajari keunikan dua situs tersebut "Ini program G2G

para peneliti Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang terdiri dari berbagai ilmuwan terbaik Indonesia seperti ahli kebumian dari LIPI

para peserta parade budaya selalu menghampiri Wali Kota untuk menyerahkan seuntai bunga ucapan selamat Hari Jadi Kota Surabaya ke-720 tahun 2013 dan mengalungkan untaian bunga melati. "Terima kasih-te

Patung Wayang tersebut merupakan bentuk pemberhalaan yang bertentangan dengan nilai-nilai Agama. Namun kebenaran tetaplah kebenaran. Meski diserang dengan dalil keagamaan

PDIP

pelatihan

pembelajaran nilai-nilai budaya lokal

pembelajaran seni kreatif (lukis

pemerintah akan memulai revitalisasi empat Keraton di Cirebon

pemerintah akan terus mendampingi dan mendata berbagai ekspresi

pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp250 miliar.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Rikad Bagun

Pendiri MARI (masyarakat arkeologi Indonesia) yang juga arkeolog UI

penemuan dan karya cipta mulai dari perorangan

pengamalan ajaran agama dalam perilaku dan aktivitas ritual agama yang harus dilestarikan. Sedangkan Taman Budaya didesain sebagai etalase budaya dan ruang publik untuk mengekspresikan dan mengapresia

pengawal yang mengawal Bung Karno dari Surabaya menyerahkan beliau kepada pemerintah setempat. Konsep pelestarian: “Revitalisasi eks Kantor Pos Militer Belanda sebagai refleksi perjuangan dan perlawan

pengembangan SDM

pengetahuan tradisional membuat rumah ataupun pengetahuan berladang yang saat ini sudah makin ditinggalkan oleh masyarakat. senantiasa akan menarik wisatawan sepanjang masa. Taman Budaya direvitalisas

penggalian nilai-nilai Pancasila dan Kebhinnekaan.” Kantor Pos Militer (eks Pos Militer Belanda). Di tempat inilah ketika pertama kali tiba di Ende

pengusaha dan pelaku bisnis di Sukoharjo

penulis Daniel Dhakidae

perlindungan

perlu belajar banyak dari Amerika

permainan online

Ph.D

pns banten

Pon Purajatnika

praktisi arsitek dan kawasan

prioritas revitalisasi seluruh keraton Cirebon karena sudah hampir 100 tahun tidak mengalami perbaikan. Pemerintah akan membuat tim ahli nasional percepatan cagar budaya. “Tim tersebut akan membuatkan

Prof. Ir. Wiendu Nuryanti

Prof. Wiendu N - Wamendikbud JAKARTA- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Wiendu Nuryanti bertemu dengan tim peneliti mandiri Gunung Padang hari ini (16/5) di Kantor Kemendikbud. Tur

Prof. Wiendu Nuryanti memberikan respon positif atas usulan dimasukkanya Wayang dalam kurikulum pendidikan nasional. “Nanti kita ajukan

Prof. Wiendu Nuryanti menyampaikan bahwa Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membangun strategi untuk merevitalisasi desa-desa adat dan taman budaya yang tersebar di pe

Prof.DR.Zaidan Nawawi dan sebagainya. Tim yang dibentuk atas inisiasi

Proklamator RI yang juga mantan Presiden Republik Indonesia yang pertama

proses pendaftaran dari bawah

pukul 19.00 wib s/d 21.00 wib

pukul 19.00 wib. Acara akan dibuka oleh Ms. Wiendu Nuryanti Ph.D (Wakil Menteri Kebudayaan RI) dan Mrs. Neeru Singh (istri dari H.E. Mr. Gurjit Singh

pulau atut

pulau pribadi atut

Puslit Arkenas Kemendikbud akan berada didepan

rano karno

ratu atut

ratu atut chosiyah

red) menemukan bukti pusat kebudayaan purba yang mengejutkan dunia

revitalisasi museum yang telah ada juga menjadi perhatian. Sebanyak 150 Museum diharapkan sudah direvitalisasi hingga tahun 2014. Selama ini pendekatan yang digunakan ke masyarakat masih dengan cara-c

Rusia (Metrobali.com)- Setelah melewati proses panjang dan menegangkan

Rusia pada 29 juni 2012 lalu dengan suara bulat telah menetapkan pengukuhan subak sebagai implementasi Tri Hita Karana

saat bertandang ke Ende dalam rangka menyusuri perjalanan para pelopor utama kemerdekaan. Selain Ende

Saat ini

saat ini tinggal menunggu dana cair dari kementerian. Satu lagi museum yang akan dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Museum Budaya Gunung yang akan di bangun di Kawasan Hargobina

Sabtu (22/6) di Grha Satya Praja

Sabtu – Jumat

Salah satu program strategis di bidang Kebudayaan adalah Revitalisasi Kawasan Bersejarah Bung Karno di Ende

salah satu seniman yang ikut pameran

salah satu Warga matraman. Kekecewaan Misnah juga diungkapkan oleh warga lainya

salah seorang budayawan di Jakarta.

sambung Wiendu

sambungnya

SBY

Scientific and Cultural Organization (Unecso) akan menyidangkan produk tenun asal Indonesia menjadi warisan budaya dunia.” lanjut Wiendu yang juga menyatakan bahwa dengan keberhasilan tenun tercatat d

sebagai salah satu bagian utama dari mitigasi terhadap katastropik (bencana sangat besar) yang mengulang. Dibentuknya tim ini merupakan satu bentuk fasilitasi pemerintah terhadap keinginan para ilmuwa

sebutan adidaya bagi Indonesia di bidang kebudayaan tidaklah berlebihan. Ditemui pada Kamis (14/3)

secara spontan dan aklamasi sidang UNESCO dapat membuat keputusan ketok palu pengukuhan dalam tempo yang sangat singkat dan disambut dengan gemuruh oleh peserta sidang dengan segenap delegasi nya

sehingga dapat memberi kesempatan bagi pelajar

sehingga generasi emas di daerah mereka mendapatkan ruang dan lebih dari itu

sejak batik ditetapkan menjadi warisan budaya dunia telah memiliki nilai tambah hingga 300 persen atau lebih dari Rp1 triliun. “Pada Desember 2013

sejumlah Film Inspiratif ditonton bersama diantaranya adalah Surat Kecil untuk Tuhan

sekda banten

selain jadwal sidang molor akibat pembahasan sidang sebelumnya diwarnai voting akhirnya 21 negara anggota Komite warisan budaya dunia UNESCO dalam sidang tahunan yang ke- 36 di Tavritcheski Palace

selama ini UU 11/2010 tentang Cagar Budaya Nasional mengamanatkan semua situs purbakala yang ada di tanah air ditetapkan sebagai cagar budaya nasional. Namun penetapan itu belum bisa dilakukan karena

seluruh delegasi peserta memberikan applaus dan apresiasi yang sangat tinggi pada “SUBAK SYSTEM” sebagai implementasi (Best Practice) dari pada prinsipal filosofi TRI HITA KARANA di dalam kehidupan ma

semoga Jamu bisa ditetapkan Unesco sebagai Warisan Budaya Dunia. Itulah kalimat yang dituliskan Wamen di stan Kecamatan Nguter. Dikatakan

sempat terjadi ketengangan antara sejumlah warga dengan panitia dari MKRI terkait janji uang transport. Selain itu

Seni Budaya. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Senin (22/4). Menurutnya

Senin 21 Oktober 2012. Sayangnya

seperti pergelaran seni (tari

serta analisa petrografi. Keberhasilan tim untuk berkerja sejauh ini sampai pada hasil membuktikan hasil hipotesa mereka dengan melakukan penggalian arkeologi beberapa titik bahwa ada bangunan utama b

serta dan alat bantu geofisika lainnya. Selain itu juga menggunakan citra satelit

serta Direktur Freedom Institute Rizal Malarangeng serta tokoh masyarakat Ende: Maria Mathildas Banda dan A.P Ambuwaru. Sebagai informasi

serta ditambah dengan pembuktian paleosedimentasi di beberapa titik bor sampling

serta luasa total komplek bangunan sebesar 75 hektar ini bukan semata capaian di bidang arkeologi dan kebudayaan. Keberhasilan ini melengkapi sejarah besar bangsa Indonesia

serta melestarikan warisan budaya yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam Rumah Budaya dikembangkan program-program kebudayaan mulai dari pembelajaran budaya Indonesia

serta membahas peran konkrit pemerintah dalam mnelindungi dan memperkuat kota-kota budaya. “Setiap kota memiliki roh kebudayaan dan setiap kota wajib untuk melestarikan roh kebudayaan tersebut

serta pembangunan nonfisik dalam pemberdayaan masyarakat

serta satu plastik es berisi 1 bawang putih dan 10 siung bawang merah mba

setelah lembaga kepurbakalaan berusia 100 tahun di Indonesia

SH usai sidang dalam keterangan persnya mengungkapkan bahwa dalam Sidang tahunan yang ke-36 ini dipimpin langsung oleh Menteri kebudayaan Rusia yang juga Duta Besar Tetap Federasi Rusia untuk UNESCO i

singapura

siti halimah

sk palsu banten

Sleman

St Petersburg

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial Dan Bencana

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam Andi Arief ini merupakan pendalaman terhadap temuan ikutan dalam penelitian kebencanaan purba

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial Dan Bencana menyatakan

Suami Wiendu Nuryanti

Suap MK

sudah Mendunia." demikian Wiendu Nuryanti. Sementara itu

sudah menyiapkan anggaran Rp159.400.000.000 miliar. Anggaran tersebut akan dibagi dalam pembangunan dua aspek seperti pembangunan fisik seperti cagar budaya

Sukoharjo saat melihat-lihat hasil produk UMKM se-Sukoharjo. Selamat

tahun lalu pameran lukisan serupa pernah diadakan di Gedung Taman Ismail Marzuki (TIM). Selain pameran lukisan

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diadakan seminar Wayang. Seminar diawali oleh penampilan dari Sanggar Swargaloka yang mempersembahkan tarian pembuka acara seminar. Ketua Penyelanggara WWPC

tari

Tarian tradisional satu demi satu ditampilkan oleh peserta parade budaya dan bunga di Taman Surya Balai Kota Surabaya. Dengan diiringi gamelan mereka membawakan tari-tarian sambil mengiringi parade mo

Tempo Wiendu Nuryanti

temuan di Gunung Padang sudah menjadi wacana interasional

tentunya hal ini membutuhkan sarana prasarana

tepatnya di Gedung Pewayangan Kautaman

terbentuknya Tim Ahli ini ditetapkan berdasarkan SK Mendikbud Nomor 29/P/2013 tentang Tim Ahli Nasional Cagar Budaya

termasuk didalamnya Kawasan Pura Taman Ayun di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung sebagai Warisan Budaya Dunia (WBD). Bupati Badung Anak Agung Gde Agung

termasuk situs-situs lainnya. " Semangat yang dibangun Kemendibud terhadap penelitian ini adalah totalitas

ternyata dapatnya cuma segini." kesal Yati (55)

ternyata mampu berkerjasama dan membuktikan kemampuan bangsa kita kepada dunia

terutama data tentang pencipataan atau ekspresi seni budaya dan kreatifitas lainnya. Bila ekspresi seni budaya yang merupakan penciptaan komunal

terutama para dalang yang telah berkiprah puluhan tahun dalam dunia perwayangan dapat lebih diapresiasi. "Kita berharap

tidak hanya memiliki situs dan bangunan sejarah

tidak memiliki sasana untuk para generasi mudanya beraktifitas

tiga bungkus mie instan

tim dari lintas disiplin ilmu dan asal institusi di Indonesia

Tim ini bisa jadi embrio

tim peneliti mandiri Gunung Padang diwakili oleh Dr. Budiarto Ontowirjo (peneliti di BPPT) dan Dr. Lily Tjahjandari (peneliti UI). Menurut Wiendu

tim tertinggi di bidang kecagarbudayaan

tppu wawan

Tri Rismaharini usai menerima untaian bunga tersebut

tubagus chaeri wardhana

UMKM dalam memajukan daerah cukup signifikan dan tak lekang oleh terjangan krisis ekonomi. “UMKM juga mampu menyerap tenaga kerja dan menjadi leading sector penanggulangan krisis.” Namun kendala modal

undangan pembagian sembako oleh MKRI pukul 09.00 Wib

United Nations Educational

untuk menjadi  semacam centre

usman

usulan penetapan hari wayang Indonesia setiap tanggal 7 November (bertepatan dengan ditetapkannya wayang sebagai warisan dunia oleh UNESCO); mendorong wayang masuk dalam kurikulum pendidikan nasional;

Wakil Mendikbud

Wakil menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan

Wakil Menteri Pendidikan Diduga Korupsi

Wakil Menteri Pendidikan Wiendu Diduga Korupsi adalah Fitnah. Tempo

Wakil Mentri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan

Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono didampingi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti secara resmi membuka perhelatan akbar Wayang Summit 2012 dengan menancap

Wamendikbud (Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang kebudayaan)

WamendikBud - Prof Wiendu Nuryanti Produk Jamu tradisional Indonesia bersiap menguasai pasar Internasional karena saat ini ternyata telah diusulkan Wamendikbud Prof. Wiendu Nuryanti sebagai warisan bu

Wamendikbud RI Prof.Wiendu Nuryanti

Wamendikbud Wiendu Nuryanti Siap Diperiksa KPK - Metro TV. KPK nyatakan Wamendikbud Wiendu Nuryanti bebas Korupsi.

Wamendikbud Wiendu Nuryanti Siap Diperiksa KPK - Metro TV. KPK nyatakan Wamendikbud Wiendu Nuryanti tidak Korupsi.

wanita yang selalu tampil dengan rambut dicepol tersebut mengatakan dengan kekayaan tersebut Indonesia seharusnya bisa menjadi bangsa yang maju dan bersaing dalam dunia internasional tanpa harus kehil

Wardoyo Wijaya menyatakan

warga Matraman yang masih bertahan di YLBHI menunggu uang transport. "Ini paling ceban (Rp.10.000

Warisan Budaya Tak benda Indonesia yang telah diakui UNESCO adalah Wayang

wawan

wayang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity

Wayang World Puppet Carnival (WWPC) tidak hanya menyajikan pertunjukan dari berbagai belahan dunia yang ambil bagian dalam ajang yang baru pertama kali dilaksanakan ini. pada hari ketiga acara ini

Wiendu dengan lantang menyuarakan kebudayaan merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga. "Menjaga kebudayaan bangsa dapat dimulai dengan membangun karakter diri yang berbasis kepada budaya bangsa

Wiendu juga menegaskan bahwa Pemerintah telah menyiapkan program jangka panjang untuk menuntaskan penelitian di Gunung Padang. "Temuan terbaru di Gunung Padang

Wiendu Nuryanti

Wiendu Nuryanti melalui akun twitternya. Tahap awal

Wiendu Nuryanti mengatakan

Wiendu Nuryanti mengungkapkan

Windu juga menyimpan harapan agar Wayang bisa diterima oleh kalangan muda agar regenerasi budaya tradisi tetap terjaga. Apalagi di dalamnya terdapat

wirausaha di Indonesia baru mencapai 1

yaitu Keraton Kasepuhan

yakni memasuki fase pengujian (Test pit). Andi Arief

yakni taman tempat Bung Karno biasa menghabiskan waktu semasa diasingkan di Ende periode 1933 – 1937. Revitalisasi kawasan tersebut di atas secara konseptual akan menghasilkan arahan penataan kawasan

yakni untuk melakukan eksplorasi terus menerus

yang akan menetapkan sebuah situs purbakala di daerahnya sebagai cagar budaya provinsi dan kabupaten/kota. "Pembentukan tim ahli dan register cagar budaya di provinsi dan kabupaten/kota ini karena dal

yang juga merupakan inisiator dari tim tersebut. Dalam pertemuan ini

yang menjadi pokok-pokok pikiran Pancasila. Konsep pelestarian: “Revitalisasi area Taman Permenungan sebagai refleksi dan inspirasi penggalian nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan.” Masjid Ar-Rabitha

yang merupakan wahana untuk memperkenalkan kekayaan warisan budaya Indonesia

yang merupakan wahana untuk pengembangan budaya Nusantara agar lebih dikenal luas. Ekspresi budaya Indonesia

yang terdiri atas sepuluh situs terkait dengan aktivitas Bung Karno selama masa pengasingan di Kota Ende. Kesepuluh situs tersebut adalah (1) Pelabuhan; (2) Kantor Pos Militer; (3) Rumah Pengasingan B

yayasan yang dibentuk sebagai tindak lanjut itikad pemugaran rumah yang dilontarkan Prof. Dr. Boediono menjelang kampanye pemilihan Presiden 2009

Yogyakarta

Yogyakarta– Lebih dari 2000 murid dan guru serta masyarakat umum mengikuti acara Nonton Bareng Film Inspiratif bersama Wamendikbud Wiendu Nuryanti (15/Juni). Suami Wiendu Nuryanti. Acara nonton bareng

” demikian Andi Arief.

” demikian Wiendu. BOB-MB Dibaca :19 Short URL: http://metrobali.com/?p=15676 Posted by Sutiawan on Oct 22 2012. Filed under Badung

” jelasnya. Revitalisasi juga akan difokuskan pada ratusan museum yang tersebar di Indonesia. Pemerintah

” kata dia. Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan

” katanya. Sementara Wamen Pendidikan dan Kebudayaan RI Wiendu Nuryanti usai sidang mengungkapkan bahwa pihaknya atas nama pemerintah dan Rakyat Indonesia terutama sekali atas nama masyarakat Bali men

” katanya. Yayasan Ende Flores yang dipimpin Dr. Ignas Kleden sebagai ketua

” tandasnya. Lanjutnya

” ujar Wiendu. Menurut Wiendu

” ujarnya menanggapi guliran isu dari Pak Eko. Suami Wiendu Nuryanti

” ujarnya mengutip pesan Kyai yang membela tindakannya mempertahankan produk Budaya Adiluhung warisan leluhur tersebut.

” ujarnya. Usulan Profesor Budaya dari UGM tersebut juga dituliskan pada whiteboard di stan jamu Kecamatan Nguter

” ungkap Profesor Budaya dari UGM ini. Selain pembangunan museum baru yang sudah dijadwalkan akan dimulai pada tahun ini